10 Tips Berkendara aman dengan Sepeda Motor

Posted by blogahid Selasa, 12 Maret 2013 0 komentar
     Tips Berkendara aman dengan Sepeda Motor

     Belakangan ini kecelakaan kendaraan bermotor kian marak terjadi, tetapi yang paling sering terjadi ialah kecelakaan yang dialami oleh para pengguna sepeda motor. Berikut tips berkendara yang aman dengan sepeda motor.

1. Siapkan selalu sepeda motor anda
     Periksa motor anda sebelum mulai berkendara. Kalau ada suku cadang yang perlu diganti jangan menunggu gantilah. Kalau ada yg perlu diperbaiki, langsung perbaiki. Jangan pernah menganggap ringan masalah-masalah yang ditemukan, karena bukan cuma akan mengganggu proses perjalanan tapi juga bisa membahayakan keselamatan.

2. Gunakan pelindung diri
     Gunakanlah helm, jaket, sarung tangan, sepatu, dll. Jangan pernah tidak peduli dengan penggunaan hal-hal tersebut. Anda tidak pernah tahu, bagian tubuh mana yang akan cidera pada saat terjadi kecelakaan dan anda tidak pernah tahu kapan kecelakaan akan terjadi. Jadi, lindungi diri anda dari kepala sampai kaki. Walaupun hanya berkendara dengan jarak yang dekat menggunakan perlindungan diri ini harus tetap di kenakan. Contohnya helm, orang kerap kali enggan menggunakannya karena alasannya jaraknya dekat dari rumah, Cuma mau ke warung atau Cuma keluar beli bensin sebentar. Memangnya kalau Cuma ke warung atau jaraknya dekat dengan rumah jalanan bisa jadi empuk? Tidak kan. Kalau sudah jatuh yah pasti berdarah atau bisa jadi benturan pada kepala bisa berakibat fatal, oleh karena itu walau Cuma berkendara dengan jaraknya dekat harus tetap menggunakan helm.

3. Berusahalah untuk gampang terlihat
     Pakailah perlengkapan yang gampang terlihat. Lebih baik lagi bila bisa merefleksikan cahaya (flourescent). Begitu juga dengan warna dari bagian-bagian motor ini akan membantu anda untuk gampang terlihat oleh pengguna jalan lain.

4. Jaga jarak
     Selalu jaga agar ada jarak aman di sekeliling motor bukan cuma untuk menjaga bila kendaraan di depan dan di sekeliling tiba-tiba berhenti. Tapi juga untuk menghindari road hazzard yang tiba-tiba muncul karena sebelumnya tak terlihat.

5. Bersiap menghadapi kecelakaan
     Setiap kali berkendara, bersiaplah menghadapi segala kemungkinan terburuk termasuk kecelakaan. Dengan konsep ini, anda akan lebih berhati-hati dan akan berkendara secara defensif. Berhati-hatilah di setiap belokan, persimpangan, lalu lintas dari arah berlawanan dan tempat-tempat ramai yang dilewati (Pasar, Sekolah, dll)

7. Bila mungkin, hindari berkendara di malam hari
     Siang hari saja motor relatif lebih sulit terlihat apalagi di malam hari. Dan juga berkendara di malam hari lebih rawan kecelakaan dan kerap kali banyaknya aksi kejahatan pada malam hari.

8. Ride your own ride
     Jangan coba berkendara untuk gaya-gayaan. Jangan juga untuk membuat orang terkagum-kagum. Sadari kemampuan diri dan selalu ingat untuk memprioritaskan keselamatan bukan yang lain.

9. Siapkan kelengkapan surat surat
     Seperti SIM , STNK, dan identitas diri lainnya, jangan menganggap sepele hal ini karena hal ini diperlukan bukan hanya menghindari razia dari kepolisian tetapi juga diperlukan jika kita mengalami sebuah kecelakaan.

10. Berdoa sebelum memulai perjalanan
     Dan hal yang paling utama ialah berdoa sebelum memulai perjalanan , hal ini kadang di lupakan oleh para pengguna kendaraan bermotor. 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 10 Tips Berkendara aman dengan Sepeda Motor
Ditulis oleh blogahid
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://masuye.blogspot.com/2013/03/10-tips-berkendara-aman-dengan-sepeda_12.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Kritik dan Saran demi kemajuan Blog ini :)